Sunday 7 May 2017

Jangan Ketinggalan, Ayo Gunakan WhatsApp (WA) untuk Marketing !

Perkembangan dunia komunikasi terus mengalami kemajuan dengan sangat pesat. Peralatan yang semakin canggih didukung dengan berbagai aplikasi gratis semakin memudahkan para penggunanya. Saat ini masih sangat populer komunikasi dengan WhatssApp. Karena dengan whatsapp banyak kelebihan dan kemudahan yang sangat mendukung percepatan kemajuan bisnis.

Saatnya kita melirik kepada cara menggunakan WhatsApp untuk telemarketing, sehingga bisa meningkatkan penjualan hanya dengan menggunakan WhatsApp.

Bagaimana caranya dan kelebihan apa yang akan kita dapatkan dari WhatsApp...? Saya coba menuliskan di blog sharing ini...setidaknya ini menurut pandangan saya.

1. KELEBIHAN FITUR WHATSSAPP (WA).
WhatsApp Messenger memiliki berbagai fitur dan kelebihan yang layak kita pertimbangkan sehingga bisa menjadi pilihan untuk sarana telemarketing.
  • Pengiriman pesan melalui WhatsApp tidak menggunakan pulsa seperti SMS. Tetapi menggunakan kuota data internet. Sehingga relatif lebih murah. Jika anda beli paket data banyak pilihan harga paket dan bisa dipakai 1-2 bulan. Dengan sebanyak-banyaknya pengiriman pesan. Jika dirumah ada sambungan internet anda tidak perlu membeli paket data....cukup gunakan Wifi untuk komunikasi data.
  • WhatsApp lebih lengkap fiturnya, bisa untuk berkirim teks, gambar, video, pesan suara, lokasi GPS dengan GoogleMaps atau Hadware GPS.
  • Pesan WhatsApp bisa kita kontrol apakah pesan diterima atau tidak, sudah dibaca atau belum...sehingga kita lebih mudah memantau pesan kita.
  • WhatsApp memiliki fasilitas Group yang sangat mengasyikan untuk berbagi. Obrolan di grup sangat mudah diikuti oleh seluruh anggota. Bisa langung chat melalui jalur pribadi (japri), dan bisa mengontrol siapa saja yang sudah membaca pesan kita. Kita bisa mengirimkan informasi bisnis kita kepada sesama anggota grup WA.
  • Untuk membaca pesan WA tidak perlu login dulu sehingga praktis dan tidak ribet.

2. ETIKA MENGGUNAKAN WHATSAPP UNTUK TELEMARKETING.
Kita harus memperhatikan etika atau tata krama berkomunikasi dengan menggunkan WhatsApp untuk marketing. Jangan sembarangan mengirim pesan yang akhirnya bukan keuntungan penjualan yang meningkat namun malah orang akan menjadi marah pada anda. Promosi pun harus pakai etika jangan membabi buta.....

Beberapa yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan WhatsApp untuk marketing.
  • Gunakan bahasa yang sopan dan menarik....jangan menggunkan bahasa yang "mendesak" orang untuk membeli...atau istilahnya jual deudeut...jual paksa...karena kita menawarkan kepada orang yang kita kenal...sehingga kalau nggak beli nggak enak. Masih ada lho jaman sekarang orang membeli karena nggak enak dengan penjual karena teman dekat...padahal tidak begitu perlu dengan produknya. Baik juga sih kalau kita membeli karena ingin menolong si penjual misalnya karena dia sedang kesusahan atau anak yatim.
  • Sebelum mengirim pesan di WA perhatikan baik-baik kata-katanya. Jangan sampai salah ketik...karena kadang-kadang dengan WA ejaan otomatis kita sering terkecoh. Misalnya maksudnya menulis 'pak' tapi yang tertulis 'psk'....ini pengalaman saya pribadi dan tahu sendiri akibatnya.... sangat fatal.
  • Jangan terlalu sering mengirimkan pesan yang berisi penawaran barang, produk, jasa, ide dan lain-lain. Membosankan....menyebalkan....! Beri jeda....lebih sering ngobrol hal-hal lain. Jika orang sudah suka dengan anda maka pada saat mereka membutuhkan produk anda pasti akan menghubungi anda.

3. ETIKA KETIKA BERADA DI GRUP WHATSAPP.

  • Kenali dulu seisi anggota grup sehingga anda paham sedang bicara dengan siapa. Karena kita paham dengan siapa yang ada di grup maka akan bisa menyesuaikan dalam menyampaikan pesan marketingnya.
  • Ngobrol di Grup WA sesuai dengan tema yang sedang dibahas.
  • Jika ingin menyampaikan tentang suatu produk atau promosi sampaikan Mohon izin...,numpang iklan, mohon maaf numpang promosi...dan ingat jangan terlalu sering promosi nanti anggota grup yang lain bisa terganggu.
Ada etika lain yang harus kita pahami meskipun tidak secara langsung berkaitan dengan marketing.
  • Jangan berdebat dengan anggota grup yang lain. Mendebat orang lain walaupun anda benar dan anda menang sama sekali tak berguna. Perbedaan pendapat itu wajar bahkan harus beda....! Jaga hubungan baik dengan sesama anggota Grup.
  • Jangan mengejek orang lain, mengolok-olok dan perlakuan lain yang tidak baik...walaupun maksudnya hanya bercanda.
  • Jaga privasi orang lain dalam Grup WA.
  • Jangan mengirim pesan yang tidak bermanfaat....atau pesan sampah. 
  • Jangan mengirim pesan hoak.

4. TIPS PROMOSI YANG BAIK DENGAN WHATSAPP.
Cara yang paling saya sarankan adalah dengan Mengganti Gambar Logo atau DP WA anda dengan gambar yang berkaitan dengan produk atau jasa anda. Ganti secara berkala. Ini cara promosi tanpa promosi. 

Cantumkan alamat website anda. Biarkan teman anda melihat sendiri website anda. Mereka akan menjelajahi produk atau jasa yang anda tawarkan. nah sudahkah anda punya website. Jika belum buatlah website atau blog anda. Mau yang gratis buat blog sendiri dengan blogspot atau wordpress, webly dan lain-lain.

Setiap ketemu dengan teman lama atau kawan baru tanyakan no. HP...syukur-syukur yang ada aplikasi WA simpan baik-baik dan jalin komunikasi yang akrab.

Oke sobat online...semoga bermanfaat postingan kali ini. Tingkatkan penjualan anda dengan menggunkan WA sebagai sarana marketing. Dalam bahasa kini orang bilang telemarketing. 

Selamat mencoba.





Previous Post
Next Post

0 comments: