Monday 10 March 2014

Cara membuat subdomain.

Yang di maksud dengan subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website. Misalnya, untuk area utama website saya www.TokoAndaOnline.com, are blog dan tutorial saya gunakan blog.tokoandaonline.com.

Dalam contoh tersebut, "blog" adalah nama subdomain. Jika anda punya hosting dan domain sendiri, anda bisa di buat subdomain sesuai keinginan anda.


Misalnya jika domain anda www.tokobaju.com, maka bisa di buat subdomain seperti :
www.blog.tokobaju.com
www.hany.tokobaju.com
www.jakarta.tokobaju.com
www.pelanggan.tokobaju.com
dan lain-lain sesuai keinginan anda.

Di area subdomain bisa di buat halam web tersendiri, tetapi saya lebih suka subdomain di costumiz ke blog dengan menggunakan platform blogspot. Caranya mengganti blogspot ke subdomain bisa di lihat di halaman ini.

Sekarang jika anda punya domain sendiri, bisa segera membuat subdomain. Caranya sangat mudah lihat penjelasan berikut ini.

1. Login ke cpanel hosting anda. www.domainanda.com/cpanel
2. Cari Menu subdomain seperti pada gambar di bawah ini. Klik menu Subdomains yang saya beri tanda lingkaran merah !


3. Selanjutnya anda akan di bawa ke halaman berikutnya. Isikan bagian subdomain dengan nama subdomain yang anda inginkan. Pada contoh ini saya membuat subdomain "blog". Nantinya akan menjadi www.blog.tokoandaonline.com . Pada bagian Document Root, isi dengan public_html/
Setelah itu klik "Create"



4. Akan muncul halaman pemberitahuankalau sub domain telah sukses di buat.



5. Inilah hasilnya.



Semoga bermanfaat.




Previous Post
Next Post

0 comments: