Tuesday 25 April 2017

Tips Menghindari Penipuan Ketika Belanja Online.

Penipuan online sering terjadi bukan hanya di dunia offline tapi juga di dunia online. Maka kita harus waspada dan selalu hati-hati jika akan melakukan transaksi online. Untuk itu saya tuliskan disini beberapa hal yang perlu di perhatikan saat akan belanja atau transaksi online.

Sebelum belanja kita harus hati-hati dan yakinkan dulu agar terhindar dari penipuan atau kecewa dengan barang yang anda beli. Lebih baik menjaga daripada mengatasi setelah musibah penipuan terjadi. Jadi inilah Cara Aman atau Tips Aman Belanja Online.

1. PERHATIKAN WEBSITENYA.
Memperhatikan website toko online akan bisa diketahui apakah websitenya meyakinkan atau tidak. Jika anda sudah familiar dengan internet tentunya akan bisa membedakan mana website yang benar dan abal-abal.
  •  Bisa dilihat dari susunan kata dan kalimat, gambar-gambar. Adakah banyak ketikan yang salah atau malah hanya copi paste dari website lain. Jika kelihatan websitenya tidak terurus dengan baik...perlu dipastikan lebih lanjut kebenarannya. Apakah website abal-abal atau kerena memang pemiliknya sibuk sehingga tidak sempat mengurus websitenya. Jika memang produk yang anda butuhkan adanya di situs itu...maka hubungi saja pemilik tokonya.
  • Testimoni. Apakah toko onlinenya memuat testimoni orang yang sudah pernah belanja. Perhatikan testimoni palsu biasanya menggunakan kata-kata atau nada kalimat yang hampir sama antara testimoni yang satu dengan lainnya. Dan ingat...testimoni tidak bisa dijadikan patokan sebuah situs benar atau abal-abal. Bahkan toko online terpercaya tidak perlu testimoni.  
  • Tidak semua toko online dengan alamat (dot).com itu pasti benar...., ada juga yang abal-abal....dan begitu pula sebaliknya. Banyak juga toko online gratis seperti toko online yang menggunakan blogspot namun pemiliknya benar-benar,  dalam melakukan penjualan.
  • Hubungi nomor telepon pemilik website toko onlinenya. Jangan hanya SMS, BBM, atau WA tapi telpon langsung..., CALL dan perhatikan bagaimana pembicaraannya. Jika anda peka akan tahu mana omongan yang benar dan mana yang menipu.
  • Jika lokasi penjual dekat dengan anda sebaiknya COD saja. Cash On Delivery ada barang ada uang. Lebih aman.
2. PERHATIKAN KEBIJAKAN PRIVACY ATAU TOS (TERM OF SERVICE).
  • Standar layanan jasa atau belanja baik offline maupun online semestinya harus ada TOS nya. Walaupun hanya sederhana. Biasanya tergantung tingkat kerumitan dalam bisnis tersebut. Sebagai konsumen kita wajib baca dan pahami benar kebijakan masing-masing toko online yang mungkin berbeda-beda. 
  • Bagian yang penting misalnya, "Bagaimana jika barang yang dibeli ternyata tidak cocok dengan spesifikasi yang tertera di website...apakah bisa dikembalikan ?"  Jika ada bagian yang memberatkan anda sebaiknya jangan dilanjutkan belanja onlinenya. 
 3. BACA DISKRIPSI PRODUK DENGAN TELITI.
  •  Sebelum memutuskan untuk order produk, baca dulu dengan teliti spesifikasi barang yang akan kita beli.
  •  Pastikan spesifikasi produk sesuai dengan barang yang anda butuhkan. Bisa terjadi kondisi barang tidak sesuai dengan yang tertulis di website. Maka perlu telpon ke penjual untuk menanyakan hal tersebut.
  • Produk yang rawan terjadi perbedaan antara data dan produk aslinya misalnya produk fashion seperti baju, sepatu, dan sejenis pakaian lainnya. Kadang terjadi ukuran yang kurang pas, warna yang tidak sesuai dan lain-lain.
4. JANGAN TERGIUR DENGAN HARGA MURAH.
  • Jangan tergiur dengan discount yang tidak wajar dengan alasan barang diambil "langsung dari kapal" atau alasan-alasan lainnya. Salah satu penjual nakal adalah menggunakan  slogan yang meyakinkan... menggiurkan dan harga yang jauh lebih murah dibanding yang lain. Tidak semua discout itu salah karena sayapun dalam menjual sering menggunakan discount harga. Selama masih wajar tidak masalah.
  • Tanamkan sikap "RAGU" jika ada penjual yang menjual dagangannya dengan harga yang sangat murah dibanding harga yang seharusnya....jangan-jangan ini penipuan.
5. PERHATIKAN SISTEM PEMBAYARAN
  • Biasanya pemilik toko memberikan beberapa alternatif cara pembayaran. Umumnya via transfer bank. Ada juga yang menggunakan fasilitas sperti Paypall, Fasapay atau layanan sejenisnya. Kartu kredit juga merupakan alat pembayaran online yang sering digunakan.
  • Perlu diperhatikan betul agar anda menyimpan bukti transfer. Walaupun sudah menggunakan nilai unik saat transfer sekalipun bukti transfer tetap harus anda simpan. Jika transfer via internet bangking simpan screenshootnya. Jika transfer via ATM simpan struknya. Hati-hati karena ada ATM yang tidak mengeluarkan struk dikarenakan kertas habis. Mak perhatikan saat mau tarnsfer.
6. PERIKSA ONGKIRNYA
  • Maslah ongkir atau Ongkos Kirim harus di tanyakan, sehingga berapa besar biaya total yang harus dibayar. Ada toko online yang bebas ongkir untuk area tertentu. Biasanya kalao lokasi anda dekat dengan penjual. Kebanyakan Ongkos kirim terpisah dengan harga produk....maka pastikan dulu masalah ongkir tersebut.
Oke sahabat online...sekian dulu sharing saya, semoga bermanfaat.





Previous Post
Next Post

0 comments: