Saturday 29 April 2017

Lima Tips Membuat Toko Online Yang Baik dan Laris


Membuat toko online yang baik memerlukan syarat dan kriteria yang wajib dipenuhi. Tujuannya agar pengunjung toko online bisa yakin dan percaya untuk selanjutnya melakukan pembelian di toko online milik anda. Untuk menjadikan toko online yang bagus harus dirintis dari awal dengan tekun dan serius. Toko online yang bagus akan mendatangkan pelanggan setia yang bagus pula.

Berikut ini saya coba tuliskan lima langkah yang perlu dilakukan untuk membuat toko online yang bagus.

1. WEBSITE TOKO ONLINE

a. Gambar Produk untuk Toko online. Buatlah gambar display produk toko online yang baik dan benar. Gambar produk merupakan salah satu faktor yang menentukan pengunjung akan melakukan pembelian atau tidak.

Gambar produk harus jelas, menarik dan sesuai dengan produk aslinya. Jika  toko online anda  sekarang ada gambar produk yang  buram....segera ganti. Pasang gambar yang jernih dan jelas. Namun jangan gambar yang diedit agar kelihatan bagus, tapi ujung-ujungnya  akan mengecewakan pembeli karena barang tidak sesuai dengan gambar. Gambar harus baik dan benar sesuai dengan produk aslinya. Juga jangan foto produk yang samar karena pengaruh kilatan cahaya.

Buat gambar produk dari berbagai sudut pandang, sehingga calon pembeli bisa melihat dari berbagai arah. Lebih baik lagi jika gambar bisa di zoom.

b. Tulis keterangan/ spesifikasi produk yang benar dan lengkap. Spesifikasi produk yang perlu dicantumkan biasanya meliputi dimensi ukuran, panjang, lebar, tinggi, berat, warna, size, kondisi baru or second, kelengkapan dokumen barang dan lain-lain yang berkaitan dengan produk yang anda jual. Dan jangan lupa harga barang harus tercantum.

c. Buat artikel yang menarik. Anda perlu menambahkan dengan artikel yang menarik yang masih berhubungan dengan produk. Misalnya, jika produknya jam tangan, maka bisa di tulis tentang :

  • Pentingnya menggunakan waktu dengan benar. 
  • Tentang disiplin menepati janji sesuai waktu.
  • Cerita tentang teman kantor yang sering telat sehingga dijuluki Mr. Telat.
  • Bahaya kebiasaan terlambat.
  • dll.

d. Buat Slogan Toko Online Terbaik. Slogan sangat penting untuk menjadi ciri khas sebuah produk atau layanan, juga untuk toko online. Anda pasti akan langsung inget jika mendengar slogan, Inovasi Tiada Henti (Suzuki), Semakin didepan (Yamaha) dll. Contoh slogan toko online misalnya, Barometer Penjualan Jam Tangan Original. atau Anda Bisa Bekerja Mengumpulkan Uang tapi Tidak Bisa Bekerja Mengumpulkan Waktu (juwaljamtangan.blogspot.com).

e. Menu Navigasi Website Yang Mudah. Menu adalah hidangan..., maka hidangkan toko online anda yang mudah dinikmati pengunjung. Buat kategori produk yang benar. Sehingga pengunjung mudah menemukan produk pilihannya. Jangan lupa menu wajib seperti Tentang kami, Hubungi kami, Cara Belanja, Cara Pembayaran, Kebijakan dan Privacy, dan apa lagi yang penting menurut anda. Jangan berlebihan tapi juga jangan terlalu kurang informasi yang disajikan.

2. PRODUK YANG DIJUAL

Selanjutnya kita cari produk apa yang mau dijual online. Jika ada produk yang unik, dibutuhkan orang, tapi sulit didapat di warung atau toko. Jika ada produk unik seperti itu tentu memilik  potensi yang sangat besar.

Namun jika ada masih banyak peluang produk yang bisa dijual dengan toko online. Dan hampir semua produk bisa dipasarkan melalui toko online. Jadi jangan bingung milih produk yang akhirnya tidak segera mulai jualan. Mulailah dengan produk yang ada dekat dengan anda.

Yang perlu diperhatikan berkaitan dengan produk antara lain :

a. Buat toko online dengan produk terlengkap. Toko online terlengkap bukan berarti toko yang menyediakan semua produk. Tapi yang dimaksud terlengkap disini adalah produk yang jenisnya lengkap namun tetap spesifik. Misalnya toko online yang menjual jam tangan. Maka jadilah yang terlengkap...., tersedia semua model, semua warna, semua jenis bahan, semua merk, semua jenis jam tangan harus tersedia. Tidak perlu dicampur dengan produk selain jam tangan. Cukup dengan jam tangan tapi sediakan semua jenis jam tangan. Terlengkap namun tetap spesifik.

b. Jual Produk Kualitas Original. Kualitas tetap akan menjadi pilihan utama. Walaupun sedikit lebih mahal namun orang akan suka dengan yang orisinil karena biasanya lebih awet, lebih nyaman dipakai. Jadi pilih produk yang asli alias oroginal.

Produk KW memang banyak tapi repotnya jika banyak pembeli yang kecewa dan komplain karena barang yang dibeli tidak memuaskan. Anda yang akan pusing menerima komplain dari berbagai penjuru. Lebih bahaya lagi kalau pembeli yang kecewa menuliskan kekecewaannya di media sosial. Ini alamat buruk untuk masa depan toko online anda. 

Utamakan kualitas...puaskan konsumen toko online anda.

c. Harga lebih murah. Perhatikan berapa besar harga produk yang sama dengan kompetitor anda yang dijual online. Search di google.com dan bandingkan dengan mereka. Kemungkinan besar pembeli juga akan melakukan hal yang sama...., membandingkan harga di toko online anda dengan harga di toko online pesaing anda.

Minimal harga sama...., atau sedapat mungkin lebih rendah sedikit dibanding harga  kompetitor.

3. MEMANFAATKAN MOMENT 

Moment penjualan suatu produk sepanjang tahun akan mengalami perbedaan. Misalnya jualan properti akan ada penurunan di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di Hari Lebaran ada produk lain yang Mengalami Lonjakan Omset Sepanjang Ramadhan dan Lebaran. Maka perhatikan moment sepanjang tahun. Mulai Tahun Baru, Valentine Day, Dimulainya Tahun pelajaran baru, Hari Kemerdekaan, Ramadhan, Idul Fitri, Hari Raya Qurban, dan lain-lain.
Tiap moment tertentu buatlah strategi untuk meningkatkan penjualan. Misalnya promo terbatas, discount khusus, cuci gudang dan lain-lain.

4. PELAYANAN PEMBELI

Pelayanan kepada pembeli harus sangat diperhatikan. Pembeli adalah raja..., maka pelayanan pembeli ibarat melayani raja. Tata bahasa dan keramahan komunikasi dengan calon pembeli harus bisa sedemikian rupa agar pembeli tetarik untuk clossing.

Pemilik toko online harus mudah dihubungi : via email, SMS, WA, call harus segera di respon. Kalau respon lambat calon pembeli akan malas untuk "mengejar" anda dan memilih lari ke toko online lainnya.

Gunakan banyak pilihan operator HP. Sehingga pembeli bisa menghubungi anda dengan biaya yang lebih murah karena nomor operator HP yang sama. Yang paling banyak digunakan orang misalnya Simpati (Telkomsel), Mentari (Indosat), XL.

Gunakan komunikasi via WA, Line atau BBM karena dengan komunikasi via aplikasi tersebut kita bisa mengirimkan foto gambar produk atau foto bukti transfer untuk konfirmasi pembayaran. Ikuti perkembangan model HP untuk komunikasi bukan sekedar gaya-gayaan...tapi memang tuntutan kebutuhan.

Pembayaran yang mudah via transfer ATM atau internet banking. Berikan kenyamanan pembeli untuk bisa melakukan pembayaran sesuai kondisi mereka. Semakin banyak rekening anda untuk transaksi semakin mudah. Minimal gunakan bank yang mudah dan banyak cabangnya di seluruh Indonesia. Seperti bank BCA, Mandiri, BNI, BRI.

Dalam melayani pembeli, pemilik toko online harus tetap hati-hati. Jangan sampai tertipu oleh pembeli yang nakal. Karena Pemilik Toko Onlinepun Bisa Tertipu Oleh Pembeli yang Nakal.

5. PENGIRIMAN BARANG

Ongkir atau Ongkos kirim juga seringkali menjadi pertimbangan konsumen. Jika harga produk murah tapi ongkirnya sangat mahal bisa jadi order dibatalkan.

Perlu anda pikirkan jika mungkin untuk radius tertentu ongkos kirim bisa digratiskan. Dan sekarang sudah banyak toko online ternama yang menggratiskan ongkir. Sehingga saat harga barang sudah cocok pembeli tidak perlu mikirin ongkir. Ini menjadi daya tarik sendiri...Gratis Ongkir. 

Oke sobat online....sampai disini dulu sharing saya semoga bermanfaat. Jangan putus asa terus semangat membangun toko online terabik milik anda.



Previous Post
Next Post

0 comments: